Pengembangan Bahan Ajar

Materi ini dirancang untuk membantu calon pendidik mengembangkan kemampuan dalam mengaplikasikan, merencanakan, dan membuat/mendesain pengembangan bahan ajar serta menyajikannya dalam proses pembelajaran. Materi ini akan memberikan pengetahuan dan ketrampilan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan bahan ajar. Hal-hal yang akan dibahas dalam materi ini diantaranya adalah bahan ajar, modul, lembar kerja peserta didik, dan media pembelajaran beserta pembuatan produknya.

  • Bahan Ajar
  • Model Pengembangan
  • Modul
  • Lembar Kerja Peserta Didik
  • Media Pembelajaran

Bahan Ajar

Menjelaskan mengenai konsep, bentuk, fungsi, indikator, model pengembangan, tahapan pengembangan, komponen, dan evaluasi bahan ajar.

link materi

 

Model Pengembangan

Menjelaskan model pengembangan menurut David Merrill, Assure, IDI, Gerlach & Ely, Kemp, PPSI, Dick and carry, Bela H. Banathy, Plomp, ADDIE, Robert Gagne, MPI Atwi Suparman.

 

Modul

Menjelaskan apa itu modul, struktur modul beserta penjelasannya, dan karakteristik modul

Link materi 

 

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Materi ini membahas definisi LKPD, kriteria penyusunan dan penulisan LKPD, tujuan, prinsip, langkah-langkah penulisan, komponen LKPD, evaluasi, dan macam-macam LKPD.

Link materi

 

Media Pembelajaran

Materi ini membahas definisi media, mengapa perlu dimediakan, posisi media dalam pembelajaran, syarat media pembelajaran, fungsi media, keistimewaan media, ragam media pembelajaran, dan ragam karya inovatiif.

Link materi